konsultasi danes

memutihkan kulit mukalogo rias

Oleh : Ibu Agnes I. Tejaatmaja D. Pharmacy; BABTAC (UK); AABTH (AUST);
          AIA (USA); ASEM (USA)
Clinical Consultant : Danes Clinical Skin Care, Jakarta

fotoWarna kulit setiap orang tidak selalu sama, hal ini disebabkan beberapa faktor yang menentukan warna kulit. Ada 2 (dua) kelompok faktor penentu warna kulit, yaitu kelompok faktor Internal dan kelompok faktor Eksternal. Di antara kelompok faktor Internal antara lain faktor ras, keturunan dan genetik. Sedangkan kelompok faktor Eksternal, seperti kebiasaan hidup seseorang /lifestyle (sering tidaknya terkena sinar UV matahari, merokok, minum obat antibiotik tertentu dengan bahan aktif minocycline) dan perawatan kulit serta konsistensi pemakaian produk kosmetik yang aman dan efektif.

Penelitian menunjukan bahwa jumlah sel melanosit dari ras/keturunan seseorang tidak banyak berbeda/hampir sama, yaitu sekitar 60.000 sel melanosit per 1 inchi persegi. Namun, sel-sel melanosit seseorang yang berkulit gelap dari satu ras, dapat memproduksi warna pigmen yang lebih gelap dibanding seseorang yang berkulit putih dari ras lainnya. Sedangkan faktor Eksternal bukan mempengaruhi jumlah sel-sel melanosit-nya, melainkan seberapa banyak masing-masing sel melanosit memproduksi pigment. Sebagai contoh dari faktor Eksternal ini ialah kulit yang terkena sinar UVB akan mendorong sel-sel melanosit memproduksi pigmen sehingga kulit menjadi lebih gelap.

Pemutihan kulit, perlu kita fokuskan pada pengendalian faktor Eksternal saja. Faktor Internal sebaiknya jangan kita pikirkan untuk dirubah. Di samping teknologi obat maupun genetik belum terlihat hasil yang memadai, juga kalau kita paksakan, akan seperti yang dialami penyanyi top terkenal (yang merubah kulitnya menjadi lebih putih), di mana akhirnya ia menjadi seperti boneka yang tidak natural atau seperti mainan robot.

Sasaran Pemutihan
Yang seharusnya menjadi sasaran kita adalah merubah warna kulit seperti pada lengan tangan bagian atas menjadi warna kulit lengan tangan pada bagian bawah yang lebih putih. Lengan tangan bagian bawah kita lebih jarang terkena sinar matahari.

Bahan Aktif Yang Dapat Memutihkan
Perkembangan teknologi dan penelitian belum menemukan metode dan obat yang dapat memutihkan kulit secara permanen dengan aman. Resikonya cukup besar untuk merubah secara permanen warna kulit yang disebabkan oleh faktor Internal seperti genetik/keturunan/ras. Sedangkan memutihkan kulit yang disebabkan oleh faktor Eksternal pada awal tahun 90-an berkembang cukup pesat.

Di antara bahan-bahan aktif yang sekarang mulai dipakai baik di kedokteran maupun di salon kecantikan kulit untuk memutihkan kulit adalah dengan cara pengelupasan sel-sel mati seperti produk dengan bahan aktif : asam glikolat, asam laktat dan asam salisilat.

Di samping itu, perlu juga memakai produk yang mengandung bahan aktif yang bisa mem-filter sinar matahari (khususnya UVB yang dapat membuat suntan), di antaranya adalah titanium dioksida dan zinc oxide.

Pada bagian kulit yang timbul flek-flek yang tidak merata, diperlukan produk tambahan yang mengandung bahan aktif yang dapat mengendalikan produksi pigment yang tidak merata seperti bahan aktif : arbutin, hydroquinone, licorice/glycyrrhiza glabra dan asam kojic. (LL)

Segi makanan :
Disarankan untuk mengkonsumsi anti-oxidant yang mengandung vitamin A, C dan E tanpa melewati batas maksimum RDA (Recommended Daily Allowance).
Segi aktivitas :
Kurangi terkena sinar UV matahari. Gunakan payung, topi dan tabir surya yang dapat mencegah UVA & UVB. UVA dapat menyebabkan kita terkena penuaan dini, sedangkan UVB dapat membuat kulit kita terbakar.
Perawatan di rumah :
Memakai produk Clinical Skin Care seperti : vit-A-Plus yang menggabungkan asam glikolat, asam laktat dengan vitamin A/retinyl palmitate. Penelitian menunjukkan penggunaan produk kombinasi vitamin A di atas bisa lebih efektif dibandingkan dengan produk yang mengandung vitamin C.
Perawatan profesional :
Untuk regenerasi sel sekaligus memutihkan, disarankan melakukan perawatan di salon kecantikan kulit memakai mesin kecantikan yang menggunakan brusher/sikat lembut yang berputar atau AHA Rejuvenation Peeling.
Terapi klinik :
Topikal : Terapi Kombinasi : asam glikolat dan kojic acid/hydroquinone/arbutin/licorice/glycyrrhiza glabra dengan chemical peeling.
Catatan : penyuntikan untuk memutihkan kulit, menurut saya tidak disarankan.
K O N S U L T A S I yang lain

  1. Memutihkan Kulit Muka
  2. Menjaga Kecantikan Kulit Mata
  3. Efek Diet Terhadap Kulit
  4. Mengenal Varices
  5. Mengenal Vitamin A dan Vitamin C
  6. Efek Penuaan Terhadap Kulit & Tubuh
  7. Mengatasi Double Chin & Keriput di Sekitar Leher
  8. Antara SLIMMING BODY SHAPING
  9. Mengenal COUPEROSE
  10. Perawatan Wajah 40 & 50-an
  11. Perawatan Sebelum Hamil, Sedang Hamil & Setelah Melahirkan
  12. Bila Jerawat Muncul
  13. Cara Aman Meremajakan & Memutihkan Kulit
  14. Pelangsingan Tubuh Yang Efektif
  15. Penuaan Karena Efek Negatif Lingkungan
  16. Mengenal Kosmetik Untuk Kulit Kering
  17. Bodykleb (Teknik Tertapi Kompres)
  18. Mengedalikan Jerawat
  19. Mengedalikan Flek



danes home
 

JAKPUS: Jl. Pecenongan 41-C Telp.: 386 3641/380 5383
Fax.: 386 3643/384 4608
Email : csr@danes.co.id, Homepage : http//www.danes.co.id




CABANG SURABAYA:
Jl. Imam Bonjol No.43, Darmo Surabaya
Telp.(031) 562 2133 Fax.(031) 562 2207

CABANG BANDUNG:
SENTRASARI PLAZA B-3
Jl. Ir Sutami Bandung
Telp. (022) 200.4600 Fax. (022) 200.9772

CABANG MEDAN:
MEDAN BISNIS CENTER Blok AA-10
Jln. Letjen S. Parman Medan
Telp. (061) 452.8800/452.8593 Fax. (061) 452.8596/452.5326

CABANG DENPASAR:
Komplex Graha Mahkota Blok A/6
Jl. Teuku Umar No. 11 X, Denpasar Bali
Telp. (0361) 255 000 Fax.(0361) 221.412