konsultasi danes

menjaga kecantikan kulit mukalogo rias

Oleh : Ibu Agnes I. Tejaatmaja D. Pharmacy; BABTAC (UK); AABTH (AUST);
          AIA (USA); ASEM (USA)
Clinical Consultant : Danes Clinical Skin Care, Jakarta

fotoMata sering dianggap sebagai bagian yang terpenting dari kecantikan seseorang. Mata juga dianggap sebagai bagian dari alat berkomunikasi, bahkan juga dipakai untuk menunjukkan ekspresi watak seseorang. Tapi sangat disayangkan jika seringkali mata kita memberikan problem bagi yang kurang memperhatikan. Mulai dari kesegaran mata, kerut mata, kantung mata, lingkaran hitam mata, sampai dengan milia seed/jerawat batu di sekitar mata, dan kerut dalam (crow's feet) yang mana dapat membuat seseorang merasa kurang yakin diri dan menjadi minder.

Mengapa problem-problem tersebut bisa timbul di sekitar kulit mata? Faktor-faktor seperti sering terkena sinar UV matahari, kena udara dingin dan kering, alergi terhadap makanan dan bahan sabun, kurang tidur, terlalu lama membaca, menonton TV, bekerja di depan komputer dan lain-lain.
Terjadinya problem-problem di seputar mata dapat dikategorikan sebagai berikut :
  1. Lingkaran hitam di bawah mata ada beberapa macam, ada lingkaran hitam yang muncul karena keturunan/genetik, di mana lingkaran hitamnya lebih terlihat pada saat orang tersebut makin berumur dan elastisitas kulitnya menurun. Sedangkan lingkaran hitam di bawah mata yang lain, dapat terlihat bila seseorang sedang tidak enak badan, kurang tidur, terkena polusi, asap rokok, debu dan sedang mengalami stress. Mengapa lingkaran hitam (yang non-genetik) bisa terjadi? Ini disebabkan apabila kulit di sekitar mata terkena polusi, asap dan debu, maka pembuluh darahnya akan membesar, di mana tubuh akan mengeluarkan zat kimia dan disalurkan oleh darah melalui pembuluh darah tersebut, untuk mengurangi dampak negatif dari polusi. Pada saat darah mengalir ke pembuluh darah yang besar ini, maka daerah kulit mata tersebut menjadi berubah warna agak gelap dan kulit di sekitarnya cenderung menebal.
  2. Kantung mata dapat disebabkan karena sistem pembuangan cairan tubuh/limphatic drainage kurang lancar. Bisa juga disebabkan pada bagian dalam kulit di bawah mata tumbuh lemak yang berlebihan sehingga terlihat agak membengkak, yang kita sebut kantung mata.
  3. Kerut halus disebabkan karena dehidrasi kulit, penuaan dini dan penuaan biologis.
  4. Kerut dalam di pinggir mata/crow's feet disebabkan penuaan dini akibat terkena sinar matahari yang merusak jaringan kolagen dan elastin serta otot muka.
  5. Jerawat batu di sekitar mata dapat disebabkan karena tidak membersihkan make up kosmetik dengan pembersih mata yang tepat. Sisa-sisa make up yang belum bersih dapat masuk ke dalam pori-pori yang nantinya dapat menyebabkan jerawat batu/milia seed. Disarankan memakai eye make up remover sebagai pencegahnya. (LL)

Beberapa Cara Perawatan Kulit Mata

Pencegahan

Massage; lakukan massage dengan cara menentik/tapping massage pada bagian yang ada kantung mata dengan menggunakan jari tangan yang tengah dari arah ujung dalam ke arah ujung pinggir mata bergerak arah bulat. Kehidupan sehari-hari; gunakan tabir surya dan kaca mata yang dapat memfilter sinar UVA/UVB.

Perawatan Rumah

Produk perawatan; disarankan menggunakan masker mata, seperti 'Tridium' Eye Mask. Di samping itu, gunakan krim mata (khususnya yang mengandung asam glikolat) untuk mencegah dan membantu mengatasi kerut mata, lingkaran hitam dan jerawat batu.

Perawatan Professional

Lakukan facial mata sebagai kebutuhan. Perawatan facial mata yang dilakukan di daerah sekitar mata, hendaknya dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi dan mencegah serta mengatasi problem-problem mata seperti; lingkaran hitam/dark circle, kantung mata/eye bag, kerut mata/wrinkle dan jerawat batu/milia seed. Di Danes Klinik Perawatan Kulit, umumnya pelanggan saya sarankan untuk mengambil paket facial mata minimun 5 kali perawatan yang dilakukan 1 minggu sekali.

Tahap Perawatan di Klinik Kecantikan

  1. Perawatan di klinik kecantikan dimulai dengan membersihkan makeup dengan pembersih khusus make up (eye make up remover).
  2. Dilanjutkan dengan mengoleskan 'Young Eyes' secara rata pada kulit mata dan di massage sampai meresap. Ampul 'Young Eyes' mengan- dung asam glikolat, asam laktat serta ekstrak dari bunga jagung. Proses ini bertujuan untuk membersihkan sel-sel mati dan flek pada bagian kulit mata.
  3. Setelah meresap, ditambahkan dengan 'VitalityGel' pada bagian kulit mata untuk melembabkan dan membantu pengenyalan kulit.
  4. Proses berikutnya perlu menyiapkan kuas/spatula untuk menutup kulit mata dengan masker khusus perawatan mata yang disebut Vitality Mask'. Masker tersebut yang mengandung kolagen dapat mem- bantu pencegahan kerut mata yang mendalam seperti crow's feet.
  5. Setelah kurang lebih 10 menit, masker tersebut diangkat dan dibersihkan sisa-sisa produk perawatannya.

K O N S U L T A S I yang lain

  1. Memutihkan Kulit Muka
  2. Menjaga Kecantikan Kulit Mata
  3. Efek Diet Terhadap Kulit
  4. Mengenal Varices
  5. Mengenal Vitamin A dan Vitamin C
  6. Efek Penuaan Terhadap Kulit & Tubuh
  7. Mengatasi Double Chin & Keriput di Sekitar Leher
  8. Antara SLIMMING BODY SHAPING
  9. Mengenal COUPEROSE
  10. Perawatan Wajah 40 & 50-an
  11. Perawatan Sebelum Hamil, Sedang Hamil & Setelah Melahirkan
  12. Bila Jerawat Muncul
  13. Cara Aman Meremajakan & Memutihkan Kulit
  14. Pelangsingan Tubuh Yang Efektif
  15. Penuaan Karena Efek Negatif Lingkungan
  16. Mengenal Kosmetik Untuk Kulit Kering
  17. Bodykleb (Teknik Tertapi Kompres)
  18. Mengedalikan Jerawat
  19. Mengedalikan Flek



danes home

JAKPUS: Jl. Pecenongan 41-C Telp.: 386 3641/380 5383
Fax.: 386 3643/384 4608
Email : csr@danes.co.id, Homepage : http//www.danes.co.id




CABANG SURABAYA:
Jl. Imam Bonjol No.43, Darmo Surabaya
Telp.(031) 562 2133 Fax.(031) 562 2207

CABANG BANDUNG:
SENTRASARI PLAZA B-3
Jl. Ir Sutami Bandung
Telp. (022) 200.4600 Fax. (022) 200.9772

CABANG MEDAN:
MEDAN BISNIS CENTER Blok AA-10
Jln. Letjen S. Parman Medan
Telp. (061) 452.8800/452.8593 Fax. (061) 452.8596/452.5326

CABANG DENPASAR:
Komplex Graha Mahkota Blok A/6
Jl. Teuku Umar No. 11 X, Denpasar Bali
Telp. (0361) 255 000 Fax.(0361) 221.412