konsultasi danes

logo rias

Oleh : Ibu Agnes I. Tejaatmaja D. Pharmacy; BABTAC (UK); AABTH (AUST);
          AIA (USA); ASEM (USA)
Clinical Consultant : Danes Clinical Skin Care, Jakarta

fotoCouperose atau yang disebut Telangiectatic flare adalah suatu kondisi kulit yang mengalami permasalahan dengan pecahnya kapiler/pembuluh darah dan terlihat dari permukaan kulit. Couperose bisa terjadi baik di bagian muka, tangan dan kaki seseorang. Di bagian muka lebih sering kita jumpai pada bagian hidung, bawah mata, pipi, dan ada kalanya di bagian dahi. Sedangkan di bagian kaki, bisa terlihat di lutut dan bawah kaki.


Proses timbulnya Couperose dimulai dengan kapiler darah kehilangan atau berkurangnya keelastisitasannya untuk menahan tekanan dari peredaran darah. Dengan tidak begitu elastis, maka kapiler tersebut mengembang dan akhirnya terpecah. Tanda-tanda kulit muka akan terkena Couperose dimulai dengan timbulnya kemerahan di permukaan kulit muka atau disebut erythema (flushing). Bila kemerahan berlanjut dan menjadi tidak mudah hilang, disebut erythrosis. Tahap selanjutnya masuk dalam kategori Couperose. Couperose timbul di permukaan kulit bila terjadi gangguan sirkulasi mikro pada kapiler di kulit muka.


P E N Y E B A B   C O U P E R O S E
Couperose dapat terjadi di segala jenis kulit, baik jenis kulit kering, normal, berminyak maupun kombinasi. Disamping itu, baik usia muda maupun tua dapat juga terkena masalah Couperose. Untuk itu, sebaiknya waspadailah penyebab Couperose yaitu panas sinar matahari, minuman beralkohol, minuman yang sangat panas seperti teh dan kopi, stress, makanan yang pedas dan banyak bumbu, tekanan darah tinggi serta cuaca yang dingin sekali.


S A R A N   M E N C E G A H   C O U P E R O S E
Untuk menjaga dan menghindari Couperose, langkah pertama adalah dengan menguatkan dinding kapiler-kapiler dan mempertebal kulit bagian dermal. Langkah kedua adalah menjaga kesehatan kulit. Langkah selanjutnya adalah meningkatkan keindahan kulit di bagian epidermal.


1. Untuk menguatkan dinding pembuluh darah/kapiler, disarankan makan makanan yang mengandung vitamin P (bioflavonoids dan flavones), dan makanan yang mengandung banyak vitamin C. Makanan yang mengandung vitamin P banyak didapat di sayuran dan buah-buahan yang berwarna cerah seperti brokoli, gubis ungu, anggur, cherry, blueberries. Bioflavonoids mempunyai sifat anti oksidasi dan dapat membantu mengurangi pembengkakan, rasa nyeri/sakit dan reaksi alergi.
2. Menjaga kesehatan kulit dengan cara menghindari temperatur yang panas maupun dingin . Hindari minuman alkohol, jangan meletakkan es di kulit yang ada Couperose.
3. Gunakan produk pelembab yang baik, khususnya yang mengandung hyaluronic acid, yeast extract (ekstrak ragi).
4. Hindari massase dengan tekanan keras. Massase hanya dapat dilakukan model bermain piano. Jangan gunakan produk yang mengandung astringent atau alkohol.
5. Di klinik Danes, untuk kulit yang bermasalah Couperose, kami sarankan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam glikolat dengan pH yang mendekati pH kulit, yaitu 3,5 - 4,5 dan selalu menggunakan tabir surya pada pagi hari sebagai pelindung kulit. Penggunaan produk dengan bahan asam glikolat lebih dari 6 bulan dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin dan dapat mempertebal kulit dermis sekitar 25 - 40%
6. Sebaiknya seminggu sekali gunakan masker yang mengandung bahan camomile extract atau yang disebut bisabolol. Masker tersebut berguna untuk mengurangi kemerahan kulit dan menyejukan. Masker atau produk kosmetik yang mengandung Zinc Oxide juga dapat membantu kulit yang terkena Couperose.
7. Minum vitamin supplement seperti antioxidant (mengandung vitamin A, C, E & zinc) dan vitamin B complex untuk menjaga kesehatan kulit .
8. Gunakan foundation dan make up concealer untuk menutup bagian muka yang ada masalah Couperose. Kulit muka yang telah dibersihkan dengan pembersih pada pagi dan malam hari dapat diberikan spray air yang mengadung mineral seperti varanina' untuk menyegarkan dan menyejukkan kulit.
9. Sebaiknya melakukan Clinical Facial dengan masker khusus seminggu sekali bagi kulit bermasalah Couperose selama 5 kali berturut-turut dan dilanjutkan dengan 1 kali clinical facial setiap bulannya sebagai maintenance.
10. Bila Couperose sangat mengganggu penampilan Anda dan tidak mudah di over-up dengan make up concealer, jalan berikutnya adalah ke dokter kulit yang dapat melakukan tindakan seperti : Electrocautery, Phlebectomy, Schlerotherapy, CO2 dan Pulsed Dye Laser. Electrocautery kadang dapat menyebabkan kulit bekas tindakan menjadi hypopigmentasi (kulit memutih), dan CO2 laser ada resiko kulit terlihat membekas/scar.
K O N S U L T A S I yang lain

  1. Memutihkan Kulit Muka
  2. Menjaga Kecantikan Kulit Mata
  3. Efek Diet Terhadap Kulit
  4. Mengenal Varices
  5. Mengenal Vitamin A dan Vitamin C
  6. Efek Penuaan Terhadap Kulit & Tubuh
  7. Mengatasi Double Chin & Keriput di Sekitar Leher
  8. Antara SLIMMING BODY SHAPING
  9. Mengenal COUPEROSE
  10. Perawatan Wajah 40 & 50-an
  11. Perawatan Sebelum Hamil, Sedang Hamil & Setelah Melahirkan
  12. Bila Jerawat Muncul
  13. Cara Aman Meremajakan & Memutihkan Kulit
  14. Pelangsingan Tubuh Yang Efektif
  15. Penuaan Karena Efek Negatif Lingkungan
  16. Mengenal Kosmetik Untuk Kulit Kering
  17. Bodykleb (Teknik Tertapi Kompres)
  18. Mengedalikan Jerawat
  19. Mengedalikan Flek


danes home

JAKPUS: Jl. Pecenongan 41-C Telp.: 386 3641/380 5383
Fax.: 386 3643/384 4608
Email : csr@danes.co.id, Homepage : http//www.danes.co.id




CABANG SURABAYA:
Jl. Imam Bonjol No.43, Darmo Surabaya
Telp.(031) 562 2133 Fax.(031) 562 2207

CABANG BANDUNG:
SENTRASARI PLAZA B-3
Jl. Ir Sutami Bandung
Telp. (022) 200.4600 Fax. (022) 200.9772

CABANG MEDAN:
MEDAN BISNIS CENTER Blok AA-10
Jln. Letjen S. Parman Medan
Telp. (061) 452.8800/452.8593 Fax. (061) 452.8596/452.5326

CABANG DENPASAR:
Komplex Graha Mahkota Blok A/6
Jl. Teuku Umar No. 11 X, Denpasar Bali
Telp. (0361) 255 000 Fax.(0361) 221.412