konsultasi danes

logo rias

Oleh : Ibu Agnes I. Tejaatmaja D. Pharmacy; BABTAC (UK); AABTH (AUST);
          AIA (USA); ASEM (USA)
Clinical Consultant : Danes Clinical Skin Care, Jakarta


foto Apakah kita ketahui bila berat badan kita sudah diatas 20% dari berat badan normal akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan? Penelitian menunjukkan bahwa bila berat badan kita diatas 20% dari berat badan normal, maka orang tersebut mempunyai resiko lebih besar akan terserang berbagai penyakit seperti: tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis (pada pinggul, lutut, pergelangan kaki), batu empedu, dan beberapa jenis kanker.

Sebenarnya, berapa berat badan yang normal untuk seseorang? Mengetahui berat badan yang normal diperlukan beberapa faktor antara lain: tinggi badan, ukuran tubuh dan umur bagi orang yang mempunyai ukuran tinggi badan lebih dari tinggi, struktur tulang yang lebih besar atau seseorang yang berumur di atas 35, berat badan idealnya berbeda dengan orang yang berukuran badan biasa. Dengan kata lain, golongan tersebut berat badannya boleh ditambahkan sekitar 10% untuk mendapatkan berat badan normal.

Untuk itu kita ingin mengetahui berat badan kita, apakah termasuk yang kege-mukan ataukah termasuk yang ideal? Salah satu cara ialah dengan menghitung BMI (Body Mass Index). Formula perhitungan BMI dihitung dengan cara dibawah ini:

Berat badan (kg)

Tinggi badan (meter) x tinggi badan (meter)

Sebagai contoh, BMI seorang wanita dengan berat badan 54 kg dan tinggi tubuh 1.63 meter mendapatkan angka BMI dengan perhitungan sebagai berikut : 54/(1.63 x 1.63) = 20.3 Dengan BMI yang 20.3, wanita ini masuk di dalam kelompok normal (lihat tabel di bawah ini)

Normal : BMI (Body Mass Index) 20-25
Gemuk : BMI (Body Mass Index) 25-30
Obisitas : BMI (Body Mass Index) Di atas 30

Cara Pelangsingan Tubuh
Apa yang harus dilakukan bila BMI kita antara 25-30? Bagaimana bila BMI diatas 30? Bila BMI seseorang sudah diats 30, sebaiknya disarankan ke dokter/klinik pelangsingan yang ada dokternya seperti menggunakan terapi gabungan (oral, topical, diet sehat rendah kalori dan bila memungkinkan dibantu dengan obat penurun nafsu makan yang aman). Bila hasil perhitungan BMI adalah 25-30, saran saya cukup melakukan terapi gabungan tanpa obat penurun nafsu makan. Di klinik pelangsingan seperti Danes, kami lakukan cara-cara terapi gabungan seperti berikut :
  1. Setelah langganan mengisi kebiasaan hidup sehari-hari (life style), telah diukur dan ditimbang berat badan, dan diketahui BMI-nya, selanjutnya disarankan melakukan penurunan berat badan dengan diet (rendah kalori, yaitu antara 1200-1500 kalori per hari), meminum supplement nutrisi yang disarankan, mengambil program body shaping/infrasnella untuk membentuk bagian tubuh yang lebih berlemak sekaligus untuk mengencangkan otot-ototnya, dan melakukan perawatan kulit untuk mencegah dehidrasi serta meningkatkan produksi kolagen & elastin supaya kulitnya bisa dipertahankan kekenyalannya bila penurunan berat badan akan terjadi.
  2. Dalam melakukan program-program pelangsingan yang disarankan, usahakan melangsingkan tubuh dengan melakukan diet rendah kalori & meminum supplement nutrisi saja tidak cukup dan kurang memadai. Menurut saya, masih perlu dibantu dengan alat body shaping/ NMES guna mempercepat dan mengencangkan otot-otot sehingga mengurangi akses-akses negatif dari diet tersebut seperti : keriput-keriput dan kulit yang kendor. Alat body shaping/NMES seperti infrasnelladapat memberikan hasil yang efektif untuk mengencangkan otot-otot serta meningkatkan metabolisme (pembakaran kalori), karena infrasnella menggabungkan 3 teknologi, yaitu :
    1. teknologi sinar infra merah (untuk membantu mengendalikan masalah rematik/ sakit punggung dan mempercepat metabolisme atau pembakaran kalori).
    2. teknologi Neuro-Musculor Electro Stimulation (NMES), untuk mengencangkan otot & melancarkan sistim lymphatic yang digunakan untuk menurunkan berat badan atau kegemukan yang disebabkan oleh timbulnya lemak tubuh dan pengendapan cairan tubuh. Teknologi NMES di infrasnella berguna pada bagian kulit hipodermal.
    3. teknologi Elektro Magnetik untuk meningkatkan/menstimulasi produksi kolagen dan elastin di bagian kulit dermal sehingga kulit tubuh dan muka menjadi lebih kenyal. Pelangsingan tubuh yang menggunakan alat dapat membentuk bagian-bagian tertentu di tubuh seseorang sehingga pelangsingan akan lebih efektif.
  3. Untuk membantu penetrasi produk topikal & menghaluskan kulit, perlu melakukan perawatan tubuh & muka (chermabrasion) , dan perawatan Stretch Mark di klinik perawatan kulit & pelangsingan tubuh.
  4. Untuk mempercepat pengelupasan sel-sel mati dipermukaan kulit, membantu mengendalikan dehidrasi, mempercepat pembuangan cairan tubuh yang mengendap dan memutihkan kulit, perlu menggunakan produk-produk Homecare di rumah seperti Liposlim Ultra Gel, Day Cream & Moisturising Lotion yang mengandung asam glikolat, urea, retinyl Palmitate dan asam laktat.
  5. Melakukan olahraga dirumah sesuai dengan yang disarankan. Di klinik Danes, kami memberikan gambar kepada langganan tentang cara melakukan olahraga di rumah untuk mempercepat pengencangan-pengencangan dan melangsingkan bagian-bagian tertentu di tubuh.
K O N S U L T A S I yang lain

  1. Memutihkan Kulit Muka
  2. Menjaga Kecantikan Kulit Mata
  3. Efek Diet Terhadap Kulit
  4. Mengenal Varices
  5. Mengenal Vitamin A dan Vitamin C
  6. Efek Penuaan Terhadap Kulit & Tubuh
  7. Mengatasi Double Chin & Keriput di Sekitar Leher
  8. Antara SLIMMING BODY SHAPING
  9. Mengenal COUPEROSE
  10. Perawatan Wajah 40 & 50-an
  11. Perawatan Sebelum Hamil, Sedang Hamil & Setelah Melahirkan
  12. Bila Jerawat Muncul
  13. Cara Aman Meremajakan & Memutihkan Kulit
  14. Pelangsingan Tubuh Yang Efektif
  15. Penuaan Karena Efek Negatif Lingkungan
  16. Mengenal Kosmetik Untuk Kulit Kering
  17. Bodykleb (Teknik Tertapi Kompres)
  18. Mengedalikan Jerawat
  19. Mengedalikan Flek



danes home

JAKPUS: Jl. Pecenongan 41-C Telp.: 386 3641/380 5383
Fax.: 386 3643/384 4608
Email : csr@danes.co.id, Homepage : http//www.danes.co.id



CABANG SURABAYA:
Jl. Imam Bonjol No.43, Darmo Surabaya
Telp.(031) 562 2133 Fax.(031) 562 2207

CABANG BANDUNG:
SENTRASARI PLAZA B-3
Jl. Ir Sutami Bandung
Telp. (022) 200.4600 Fax. (022) 200.9772

CABANG MEDAN:
MEDAN BISNIS CENTER Blok AA-10
Jln. Letjen S. Parman Medan
Telp. (061) 452.8800/452.8593 Fax. (061) 452.8596/452.5326

CABANG DENPASAR:
Komplex Graha Mahkota Blok A/6
Jl. Teuku Umar No. 11 X, Denpasar Bali
Telp. (0361) 255 000 Fax.(0361) 221.412