konsultasi danes



Jerawat dapat mengganggu siapa saja, mulai dari anak berusia 8 atau 9 tahun, sampai mereka yang sudah berusia 40 tahun ke atas. Pada wanita, sekitar 40-50% mengalami masalah jerawat pada usia sekitar 14-17 tahun. Sedangkan untuk pria sekitar 40% menghadapi masalah jerawat di usia sekitar 16-19 tahun. Bila dilihat, wanita menghadapi masalah jerawat relatif pada usia lebih muda dibandingkan pria. Dua faktor utama penyebab timbulnya jerawat, yaitu: tersumbatnya pori-pori oleh sel-sel mati, kotoran, kosmetika yang menyumbat (comedogenic) dan terinfeksi oleh bakteri acne (priopioni- bacterium acnes). Disamping itu, timbulnya jerawat juga dipicu oleh kondisi dan gaya hidup kita sehari-hari, seperti stress, hormonal (hormon androgen), radikal bebas, sinar UV matahari dan kulit muka yang cenderung berminyak.

GEJALA-GEJALA TIMBULNYA JERAWAT
Ada empat hal penting yang perlu diperhatikan mengenai gejala munculnya jerawat; Pertama, adanya peningkatan produksi lemak di kelenjar lemak (sebum). Kedua, kondisi abnormal karena timbulnya bakteri dan jamur (mikroflora) di kulit manusia. Ketiga, adanya penebalan, penyumbatan, serta pengerasan pada sel-sel kulit. Dan keempat, adanya peningkatan hormon androgen. Meski tidak membahayakan, tapi jerawat memberi dampak negatif bagi orang yang mengalaminya. Pertama-tama, kulit akan menjadi kurang cantik akibat adanya masalah parut (scar), bopeng, maupun flek bekas jerawat. Belum lagi dampak psikologis, di mana si penderita akan merasa malu dan tidak percaya diri. Bila dibiarkan, dampak ini pun akan berakibat pada ketrampilan kerja si penderita. Lebih stress lagi saat ingin merias wajah Bila jerawat yang meradang di tutup alas bedak tebal, untuk sementara memang akan mengurangi warna kemerahannya dan menghilangkan jerawat. Tapi efek negatifnya, akan memperburuk jerawat yang sudah ada karena terjadi penyumbatan pori-pori.

BAGAIMANA MENGENDALIKAN JERAWAT?
Teknologi dan penelitian yang semakin maju, memberikan banyak ragam terapi untuk pengendalian jerawat. Pencegahan dan pengendalian jerawat perlu difokuskan pada empat tujuan, yaitu mengurangi lemak yang diproduksi oleh kelenjar lemak (Sebum), mengurangi penumpukan sel-sel mati di lapisan permukaan kulit (Stratum Corneum), mengendalikan radang, bakteri dan jamur (Mikroflora), serta mencerahkan kulit sekaligus meratakan warna kulit yang terkena flek bekas jerawat. Untuk mencegah timbulnya jerawat, penting sekali menjaga kebersihan kulit. Artinya, kulit mesti dibersihkan dengan pembersih yang aman dan efektif (Gentle Cleanser) secara teratur, 3 4 kali sehari. Sebaiknya pergunakan pembersih yang keasaman (pH) nya sedikit asam antara 3.0-4,5, dan mengandung asam glikolat atau asam salisilat. Jangan menggunakan sabun yang bersifat alkalis. Gunakan Pelembab dalam bentuk gel yang mudah meresap dan tidak berminyak. Tambahkan produk perawatan yang mengandung bahan keratolitik untuk pengelupasan sel-sel mati di permukaan kulit. Produk anti jerawat seperti vitamin A derivative, asam salisilat, asam glikolat, asam asealik, BPO dan antibiotik topikal dikombinasikan dengan clinical facials di klinik dalam 2 bulan lebih, dapat memberikan hasil yang optimal seperti gambar dibawah ini. Makanan yang mengandung seng (zinc)

dapat membantu mengurangi radang, sementara mengkonsumsi bawang putih dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh melawan bakteri. Hindari panas dan udara lembab yang berlebihan karena dapat memicu timbulnya komedo dan jerawat. Hindari pula mengusap muka dengan tangan yang kotor dan kemungkinan ada bakteri acne.

KENDALIKAN SECEPAT MUNGKIN
Bagi orang Asia, merawat kulit yang berjerawat tidak sekedar kekuatiran akan adanya scars (bekas) jerawat saja, tapi juga sering dibarengi dengan permasalahan lain seperti: flek bekas jerawat (post-inflammatory hyperpigmentation). Bahan-bahan seperti Z-whitener, arbutin, kelompok buah beri, dan superceuticals seperti lumiskin, idebenone complex, saat ini juga digunakan untuk merawat secara topikal flek-flek bekas jerawattersebut. Source: Cosmetic Surgery and Beauty Magazine 80.



 

K O N S U L T A S I yang lain

  1. Memutihkan Kulit Muka
  2. Menjaga Kecantikan Kulit Mata
  3. Efek Diet Terhadap Kulit
  4. Mengenal Varices
  5. Mengenal Vitamin A dan Vitamin C
  6. Efek Penuaan Terhadap Kulit & Tubuh
  7. Mengatasi Double Chin & Keriput di Sekitar Leher
  8. Antara SLIMMING BODY SHAPING
  9. Mengenal COUPEROSE
  10. Perawatan Wajah 40 & 50-an
  11. Perawatan Sebelum Hamil, Sedang Hamil & Setelah Melahirkan
  12. Bila Jerawat Muncul
  13. Cara Aman Meremajakan & Memutihkan Kulit
  14. Pelangsingan Tubuh Yang Efektif
  15. Penuaan Karena Efek Negatif Lingkungan
  16. Mengenal Kosmetik Untuk Kulit Kering
  17. Bodykleb (Teknik Tertapi Kompres)
  18. Mengedalikan Jerawat
  19. Mengedalikan Flek
danes home

JAKPUS: Jl. Pecenongan 41 C & 43 A-B-C
Telp.: (021) 386 8800 / 386 3641 / 380 5383
Fax.: 386 3643 / 384 4608

Email : csr@danes.co.id, Homepage : http//www.danes.co.id




CABANG SURABAYA:
Jl. Imam Bonjol No.43, Darmo Surabaya
Telp.(031) 562 2133 Fax.(031) 562 2207

CABANG BANDUNG:
SENTRASARI PLAZA B-3
Jl. Ir Sutami Bandung
Telp. (022) 200.4600 Fax. (022) 200.9772

CABANG MEDAN:
MEDAN BISNIS CENTER Blok AA-10
Jln. Letjen S. Parman Medan
Telp. (061) 452.8800/452.8593 Fax. (061) 452.8596/452.5326

CABANG DENPASAR:
Komplex Graha Mahkota Blok A/6
Jl. Teuku Umar No. 11 X, Denpasar Bali
Telp. (0361) 255 000 Fax.(0361) 221.412