konsultasi danes

logo rias

Oleh : Ibu Agnes I. Tejaatmaja D. Pharmacy; BABTAC (UK); AABTH (AUST);
          AIA (USA); ASEM (USA)
Clinical Consultant : Danes Clinical Skin Care, Jakarta


foto

Apakah Anda sering menganggap kulit Anda termasuk golongan sensitif? Se-benarnya, tidak banyak orang yang benar-benar memiliki kulit yang sensitif. Lebih ba-nyak, kita sendiri yang merasa bahwa kulit kita sensitif. Padahal itu belum tentu. Pada saat-saat tertentu, bisa saja kulit menjadi reaktif (bukan sensitif), di mana keadaan kulit ka-dang-kadang menjadi merah-merah, tapi tidak berlangsung lama. Kulit yang benar-benar sensitif, selalu mengalami reaksi ke-merahan bila terkena bahan atau produk kosmetik tertentu.

DEFINISI KULIT SENSITIF

Kulit sensitif, bisa diartikan sebagai kulit yang tipis, mudah luka dan kadang kala ber-warna kemerahan. Sebagian ilmuwan atau dokter berpendapat, kulit sensitif lebih banyak ditemui pada orang Scotlandia, Irlandia, Iceland (bagian utara Eropa) dibandingkan dengan orang negara lain.

Mereka yang memiliki kulit sensitif, bisa kita lihat dan diagnosa dengan kondisi di mana pembuluh darah (kapiler) dan ujung saraf terletak dekat ke permukaan kulitnya. Argumen ini pula yang sering dipakai oleh para ilmuwan untuk menjelaskan mengapa orang yang berkulit sensitif, lebih mudah kulitnya menjadi merah dan terkena iritasi setelah pemakaian produk kosmetik tertentu. Orang yang berkulit sensitif, juga lebih mudah mengalami masalah kulit melalui makanan yang dikonsumsi. Seperti makanan pedas, kafein (kopi), nikotin (rokok) dan Niacin (vitamin B3). Hal ini disebabkan karena makanan-makanan atau rokok tersebut memperbanyak aliran darah ke permukaan kulit, sehingga kulit menjadi merah.

Contoh Uji Klinis

Bagi saya, hasil dari suatu uji klinis penting sekali. Suatu Farma-Kosmetik atau Cosmeceuticals perlu memberikan uji klinis bila kita ingin mendapatkan hasil yang aman dan efektif. Sebagai contoh, untuk mengetahui baik tidaknya produk Farma-Kosmetik atau Cosmeceuticals dan kosmetik biasa, perlu kita cek apakah ada uji klinis dari pabrik atau pembuat produk tersebut. Klaim yang tanpa didukung dengan penelitian uji klinis, sebenarnya bisa diragukan kebenarannya. Sebelum memperkenalkan produk Sensitive Skin Line, MD. Formulations mengadakan uji klinis dengan ketentuan sebagai berikut :

Tujuan uji Klinis :

Untuk mengetahui apakah ada iritas dankhasiat (efficacy) dari produk tersebut.

Profil Peserta Uji Klinis :

19 wanita Asia berumur 18 s/d 75 tahundan 15 orang Eropa berumur 30 s/d 65 tahun.

Tes yang dilihat :

Adakah kemerahan (Erythema) dengan Patch Tes selama 48-96 jam? Adakah iritasi, gatal-gatal, rasa terbakar, TEWL dengan memakai produk kosmetik selama 2-6 minggu?

Hasil Uji Klinis :

TIPS MEMILIH PRODUK KOSMETIK UNTUK KULIT SENSITIF
  1. Carilah produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan kosmetik yang dapat mengurangi iritasi kulit, seperti Bisabol, Licorise Root dan Chamomile serta pH yang di atas 40.
  2. Hindari produk dengan bahan-bahan kosmetik seperti: PABA (Para Amino Benzoec Acid), Laureth-4, Isocetyl Alcohol, Myristyl Alcohol, Caprylic Acid, Cetearyl Alcohol + Ceteareth 20, Isopropyl Myristate, Steareth-10.
  3. Hindari makanan yang pedas atau panas, udara panas, sinar matahari, alcohol, kopi dan sauna.
  4. Pilihlah kosmetik yang tidak banyak menggunakan pewangi (fragrance), karena pewangi bisa memperparah kulit yang sensitif.
  5. Pilihlah produk kosmetik yang telah mengikuti uji klinis, termasuk tes iritasi.
  6. Bagi kulit yang sensitif, sebaiknya memilih produk kosmetik dengan pH yang mendekati pH kulit, sekitar 4,5. Sebagai informasi, bagi kulit yang lebih putih, efek samping dari iritasi bisa menimbulkan kemerahan (Erythema). Untuk kulit yang agak gelap, iritasi bisa menimbulkan flek atau hyperpigmentation.
  7. Perkembangan technologi sangat membantu dan mempercepat pertumbuhan Cosmeceutical. Sekarang mulai beredar generasi ketiga Glycolic Acid (asam Glikolat) yang sangat efektif dan cocok untuk kulit sensitif. MD. Formulations dengan ‘Sensitive Skin Line’, terdiri dari; Senstitive Cleanser, Sensitive Lotion & Sensitive Cream dengan pH 4,4 dapat memberikan perawatan khusus untuk kulit sensitif.
K O N S U L T A S I yang lain

  1. Memutihkan Kulit Muka
  2. Menjaga Kecantikan Kulit Mata
  3. Efek Diet Terhadap Kulit
  4. Mengenal Varices
  5. Mengenal Vitamin A dan Vitamin C
  6. Efek Penuaan Terhadap Kulit & Tubuh
  7. Mengatasi Double Chin & Keriput di Sekitar Leher
  8. Antara SLIMMING BODY SHAPING
  9. Mengenal COUPEROSE
  10. Perawatan Wajah 40 & 50-an
  11. Perawatan Sebelum Hamil, Sedang Hamil & Setelah Melahirkan
  12. Bila Jerawat Muncul
  13. Cara Aman Meremajakan & Memutihkan Kulit
  14. Pelangsingan Tubuh Yang Efektif
  15. Penuaan Karena Efek Negatif Lingkungan
  16. Mengenal Kosmetik Untuk Kulit Kering
  17. Bodykleb (Teknik Tertapi Kompres)
  18. Mengedalikan Jerawat
  19. Mengedalikan Flek



danes home

JAKPUS: Jl. Pecenongan 41-C Telp.: 386 3641/380 5383
Fax.: 386 3643/384 4608
Email : csr@danes.co.id, Homepage : http//www.danes.co.id



CABANG SURABAYA:
Jl. Imam Bonjol No.43, Darmo Surabaya
Telp.(031) 562 2133 Fax.(031) 562 2207

CABANG BANDUNG:
SENTRASARI PLAZA B-3
Jl. Ir Sutami Bandung
Telp. (022) 200.4600 Fax. (022) 200.9772

CABANG MEDAN:
MEDAN BISNIS CENTER Blok AA-10
Jln. Letjen S. Parman Medan
Telp. (061) 452.8800/452.8593 Fax. (061) 452.8596/452.5326

CABANG DENPASAR:
Komplex Graha Mahkota Blok A/6
Jl. Teuku Umar No. 11 X, Denpasar Bali
Telp. (0361) 255 000 Fax.(0361) 221.412